Hubungan program orientasi berbasis kompetensi dengan kinerja perawat baru

Dodi Wijaya, Ratna Sitorus, Hanny Handiyani

Sari


Program orientasi berbasis kompetensi merupakan metode yang digunakan dalam program orientasi untuk perawat baru. Penelitian ini termasuk deskriptif korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan program orientasi berbasis kompetensi dengan kinerja perawat baru di unit rawat inap di Rumah Sakit Husada Jakarta. Hasil analisis pada Tabel 2 didapatkan 42 orang (72,4%) perawat baru memiliki kinerja baik, sisanya 16 orang (27,6%) perawat baru memiliki kinerja yang kurang setelah mendapatkan program orientasi berbasis kompetensi. Hasil analisis uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara program orientasi berbasis kompetensi dengan kinerja perawat baru dengan p value 0,000. Kompetensi perawat baru untuk membentuk seorang perawat baru memiliki kinerja profesional sehingga program penting diterapkan dalam setiap orientasi perawat baru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan rumah sakit untuk menetapkan program orientasi berbasis kompetensi sebagai standar operasional kerja dalam penerimaan perawat baru.


Kata Kunci


program orientasi berbasis kompetensi; kinerja; perawat baru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beyea, S. C., Slattery, M.J & Von Reyn. (2007). A nurse residency program for competence development using human patient simulation. Journal of Nursing Staff Development. 25 (7) 25-28.

Bourcier, J.Bethany. (2008). Graduate nurses in the intensive care unit: An orientation model. Diakses melalui http://ccn.aacnjournals.org pada tanggal 24 Maret 2010 Jam 09.21 WIB.

Burns, P., & Poster, E. (2008). Competency development in new registered nurse graduates: closing the gap between education and practice. The Journal of Continuing Education in Nursing, 39(2). 12- 13.

Casey, K & Fink, R. (2004). The graduate nurse experience. Journal of Nursing Administration, 14(6).

Dellasega, C (2009). An exploratory study of the orientation needs of experienced nurses. The Journal of Continuing Education in Nursing. 40 (8) 18.

Dorothy, D.B. (2008). A crisis in critical thinking. Journal of Nursing Education, 26 (5).

Engelke, Marshburn & Swanson (2009). Relationships of New Nurses' Perceptions and Measured Performance-Based Clinical Competence. The Journal of Continuing Education in Nursing, 40 (9), 426-430.

Everett, Brusler. M. (2009). Predictors of positive clinical performance evaluations of new graduate nurses participating in preceptor orientation programs. USA: Virginia Polytechnic Institute and State University.

Hartini, T (2002). Hubungan antara karakteristik dan persepsi perawat pelaksana tentang program orientasi dengan persepsi perawat pelaksana tentang kinerja di RS Islam Roemani Semarang. Tesis Program Pascasarjana FIK-UI, Depok, tidak dipublikasikan.

Keating, S.B. (2003). A test of the California competency-based differentiated role model. The Journal of Managed Care Quaeterly, 40 (1).

Marilyn, H.O. (2008). How to assess critical thinking in clinical practice. Journal Dimensions Of Critical Care Nursing, 17 (6). 19-20.

Piggot, H. (2001). Facing reality: The transition from student to graduate nurse. Autralian Nursing Journal, 8 (4) 11.

Steward, N.A. (2000). Establishing an orientation program. Wilmington College Division of Nursing (Delaware). 14 (9) 17.

Thomka, L.A (2001). Graduate nurses’ experiences of interactions with professional nursing staff during transition to the profesional role. The Journal of Countinuing Education in Nursing, 3 (2).

Vivian, T & Deb, H. (2005). Performance-based development system for nursing students. Journal of Nursing Education, 44 (2).

WHO (2001) Conceptual famework nursing and midwifery workforce management. Diakses melalui www.searo.who. diperoleh tanggal 20 Maret 2009 jam 18.30.

Wibowo (2007). Manajemen kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wijaya, D (2009). Laporan residensi kepemimpinan & manajemen keperawatan di RS Husada Jakarta. Program Pascasarjana FIK-UI, Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Diterbitkan atas kerjasaman jurusan keperawatan fkik unsoed dangan ppni kabupaten banyumas